Jumat, 17 November 2017

Cara Membuat Windows Menjadi Lebih Cepat


Apakah windows di komputer kalian terasa berat atau mungking kadang nge-hang, seperti kompi gua dulu, kali ini gue akan tahu kalian cara memeringan windows, mungkin cara ini kurang efektif untuk komputer dengan speck jadul. Yah. terus gimana untuk speck jadul? Ya... beli baru aja, untuk tips beli laptop baru gua kasih tahu di sini atau mungkin coba pakai linux. Kalau begitu kita langsung aja ke Tipsnya


1. Bersihkan File Sampah
File sampah yang kalian tumpuk akan ngaruh ke Windows kalian guys, file sampah ini bisa berasal dari cache, ataupun file sisa dari uinstall aplikasi, caranya gampang: 

  • Windows 7, Click Start -> Click All Programs -> Click Accesories -> Kemudian Click System Tools -> Setelah itu Click Disk Clean Up. Setelah itu pilih partisi yang akan kalian bersihkan.
  • Windows 8, Control Panel -> Click System and Security -> Klik Free Up Disk Space -> Pilih Partisi dan File -> Ok.
  • Windows 10, Ketik Disk Clean Up di Search -> Pilih Partisi dan File -> Ok.


2. Matikan Visual Animasi yang Gax Perlu
Yang kedua, korbankan visual untuk mendapatkan performa yang Joss. Karena windows punya banyak animasi ataupun visual efek, windows berjalan di speck pas - pasan terasa berat sedikit. Untuk caranya sepeti ini:
  •  Windows 7 dan 8, Click Start -> Kemudian Click kanan pada Computer -> lalu Click properties -> Click Advance system setting -> pilih tab advanced -> pada bagian performance anda Click setting.
  • Windows 10, Tinggal tulis di tombol search adjust the appearance and performance of Windows.
 Tinggal pilih mana yang mau kalian aktifin atau di matiin, beres deh.



3. Defrag Kompi/Laptop Kalian

Yang, ketiak ketiga Defrag Windows. Fungsinya untuk membereskan dan menysun kembali file - file yang ada di Windows kalian, guys. Gini caranya:
  • Windows 7Click Start -> Click All Programs -> Click Accesories -> Kemudian Click System Tools -> Setelah itu Disk Defragmenter -> pilih disk  -> Analyze Disk -> Defragment Disk.
  • Windows 8, Buka File Exproler -> Pilih drive -> Click tab manage -> Click optimize -> Analyze -> Click optimize. 
  •  Windows 10, Ketik di search Degrag -> Pilih hard drive -> Click analyze -> Click optimize.
NB: Untuk disk/hard drive biasanya pilih C:
       Untuk yang pake SSD jangan pake langkah ini!

Ya... Itu beberapa cara dari gua yang mungkin bisa kalian praktekin kalau Windows kalian terasa dikit berat - berat gitu.


EmoticonEmoticon